LiPS Release 1.0

Detik — Linux Phone Standards (LiPS) Forum mengumumkan daftar spesifikasi ponsel berbasis Linux yang tertuang dalam LiPS Release 1.0. Tujuan LiPS adalah meningkatkan interoperabilitas dalam ekosistem ponsel berbasis Linux, mulai dari perusahaan penyedia software, penyedia perangkat OEM, sampai ke operator seluler regional dan global.

Spesifikasi yang diumumkan kali ini mencakup: LiPS Reference Model, Address Book dan Voice Call Enabler, serta User Interface Services.

Sebelum akhir 2007 LiPS Forum akan merampungkan elemen lanjutan dari LiPS Release 1.0 dengan menambahkan spesifikasi yang berhubungan dengan kemampuan telepon, pengiriman pesan, kalender, Instant Messaging (IM), dan spesifikasi tambahan untuk User Interface Services.

Standar LiPS diharapkan dapat memajukan industri mobile berbasis Linux, terutama untuk mengurangi fragmentasi, dengan menginformasikan dan memberi batasan yang jelas bagi OEM, vendor software independen dan operator.

LiPS juga memperkenalkan spesifikasi tambahan yang akan dikembangkan sampai tahun 2008, yang meliputi Application Framework, Services APIs, Device Management APIs, dan tambahan Enabler APIs misalnya untuk multimedia.


Komentar ditutup.