Sinergi Infrastuktur Telkom dan Telkomsel

Detik — Telkom dan Telkomsel akan mensinergikan infrastruktur untuk semua layanan, mulai dari telepon tetap kabel, nirkabel, dan seluler demi menghemat belanja modal 20-30 persen. Direktur Utama Telkom Rinaldy Firmansyah, mengatakan sinergi ini sudah mulai berjalan. Ditargetkan sampai akhir 2007 seluruh jaringan yang dimiliki Telkom dan anak perusahaannya Telkomsel dapat dioptimalisasi hingga 95 persen.

Sementara itu Direktur Network Services Telkom, I Nyoman G. Wiratnyana mengatakan, 50% dari seluruh BTS Telkom telah digunakan untuk jaringan Telkomsel, tapi baru 8% jaringan yang dimiliki Telkomsel yang dipakai oleh Flexi. “Ke depan, kita akan mengintegrasikan network dalam satu core berbasis IP. Jadi nanti integrasinya di jaringan metro access,” kata Nyoman. “Secara fisik itu menggunakan fiber optik, namun secara teknologi nantinya berbasis IP bukan TDM lagi,” paparnya.

Sinergi layanan dalam satu jaringan ini diharapkan akan memicu produktivitas. Penyatuan kapasitas jaringan akan menyebabkan bandwidth jadi lebih murah secara eksponensial, tidak linier. Konsep ini juga diharapkan akan sinergis dengan konsep Palapa Ring.


Komentar ditutup.