I hate Indonesia[n]

I hate Indonesia[n] !
Yup. Aku benci orang-orang Indonesia. Kali ini bukan karena mereka punya kecenderungan untuk mengakui bahwa mereka adalah bangsa yang paling beradab dan merasa bahwa bangsa non-Indonesia mostly/kebanyakan tidak lebih berbudaya. Bukan pula karena masih banyaknya terjadi sengketa antar agama atau kepentingan politik. Juga bukan karena peringkat korupsi Indonesia yang tidak makin baik dari tahun ke tahun.
Tapi kali ini karena tingkah mereka kepada alam.
Ikan paus bungkuk (Sperm Whale - Physeter macrocephalus) yang bisa mencapai panjang sampai dengan 18 meter, saat ini dalam kondisi terancam punah (vulnerable). Meski ikan ini hanya muncul dipermukaan laut kurang dari 10% dari seluruh waktu hidupnya [tapi kok ya hampir puna]. Hampir seluruh waktunya digunakan untuk menyelam sampai kedalaman lebih dari 1000 m untuk mencari mangsa cumi raksasa (giant squid). Ikan ini juga dikenal sebagai binatang yang mempunyai suara paling keras di seluruh dunia. Tidak ada hewan lain yang bisa mengalahkan nyaringnya suara yang dibuat paus ini.
Awalnya aku mau memberi judul ’I hate Japanese’, tapi ndak jadi [bersyukurlah kau Bibip], karena pada tahun-tahun lalu nelayan Jepang ’notorious’ dengan kemampuannya memburu ikan paus. Tapi ternyata ikan yang sekarang ini dilindungi di seluruh dunia ini, pertumbuhan jumlahnya sangat lambat karena masih adanya perburuan. Di tempat lain sudah tidak ada lagi perburuan terhadap ikan ini. Dan untungnya habitat hidupnya yang cenderung di laut dalam lebih tahan terhadap polusi. Tetapi di lingkungan Indonesia ternyata dalam areal terbatas ikan ini masih diburu.
Tidak terbayangkan, ikan yang sebagian besar waktunya (>90%) ada di dalam laut dalam, dan harus muncul sebentar saja di permukaan untuk menambah udara hidup, justru harus diburu pada waktu kemunculannya yang sempit itu. Dan kenapa hal itu harus terjadi di Indonesia yang notabene teknologinya ndak mumpuni untuk itu [patut disyukuri atau disesali?].
So. I hate Indonesia[n] untuk alasan ini.



December 10th, 2007 at 1:48 PM
Hate Indonesia or hate whale hunter ?
A lot of people in Indonesia is whale lover too..
Do you hate them too ?
________________________________________________
I hate Indonesian[n] who love to haunt whales …
I love Indonesian[n] whale lover
Sonny
December 12th, 2007 at 11:35 AM
brengsek kmu.. mengatakan orang indonesia bangsa barbar
dasar bangsa plagiat, lagu2nya katro, jgn sampai ki joko bertindak
—————————————–
Wah … aku sampe dua kali membaca lagi my own post. Dan ternyata tidak ada hlo yang menyatakan bangsa Indonesia itu barbar

Dan untuk brengseknya —> thx a lot ya, membuat pilihan memang sulit
Dan pilihan memang sudah dilakukan : aku tidak suka pembunuh paus.
Sonny
December 12th, 2007 at 7:13 PM
ga semua orang indo seperti itu.
________________________________________
Setuju sekali ….
Jauh lebih banyak yang baiknya kok.
Aku cuman ndak suka yang membunuhi ikan paus.
Sonny
December 13th, 2007 at 7:50 PM
I Love Indonesia to be my country and i will learn everything too here. Dont tasted bad small thing, develop our country to be better now.
___________________________________________
Agreed indeed.
Bad small things are colour of life. And I choose to try keep it small -not grow any bigger-
Sonny
December 14th, 2007 at 10:51 AM
hadoh, kan ngga smua orang indonesia benci paus, saya suka ko sama paus, mungkin maksud kamu, kamu benci orang yang ngga punya hati sehingga brani ngebunuh paus, gitu kali…
______________________
Betul sekali mas …..
Paling tidak itu sudah menjadikan kita 2 orang pecinta paus
Sonny
December 14th, 2007 at 4:20 PM
jangan benci indonesia ya..
apalagi kalo lo orang indonesia!
____________________________________________________
Untuk koreksi : Tidak ada indikasi apapun di tulisan aku yang menyatakan bahwa aku adalah pembenci Indonesia atau orang2 Indonesia.
Yang betul adalah : I *hate* killer whale (baik orang Indonesia or dari bangsa lain)
Sonny
December 15th, 2007 at 1:12 PM
hahahaha..pathetic person…are you malingsia people?? i mean malaysia…ya..ya..malaysia and malingsia same meaning
————————————————-
untuk koreksi diri, which part of my writing yang dianggap pathetic.
Coz, kalau my post diperlakukan secara utuh maka itu juga bisa berarti WWF & Green Peace adalah pathetic organization
BTW, Aku adalah orang Indonesia aseli dari Jawa Timur
December 16th, 2007 at 12:38 AM
no body is perfect
tapi kenapa dia suka membenci negara orang??padahal dia sendiri tahu…kalo dirinya ga perfect…
kesalahan orang lain nampak..namun kesalahan diri sendiri tak nampak…
hujat lah sesukamu….
dan kau akan menghujat dirimu sendiri
———————————————-
Tidak untuk disalah mengerti :
tidak ada statemen apapun di post tsb yang menyatakan bahwa aku membenci negara ini, tapi tapi aku memang tidak menyukai pembunuh paus (orang Indonesia atau orang dari negara manapun juga)
December 17th, 2007 at 1:08 PM
Kami Bangsa HIMAHO sangat mencintai Lingkungan dan kehidupan Paus,,, Brengsex sekali bagi Orang yang mengkafirkan orang lain, kaya diri sendirinya itu bener, pinter…
Memang sebagian “Orang Indonesia” tidak peduli dengan lingkungan, tapi Kami Bangsa Indonesia yg sangat mencintai Lingkungan dan kami adalah Aktifis Lingkungan Hidup…
T***l, G*****k, Tidak memiliki pemikiran luas dan berfikir KERDIL yang mengatas namakan Bangsa Indonesia “Tidak Peduli Lingkungan”…F*** U!
________________________________________________________________
Setuju sekali Bang Nuski, poin dari my post ditujukan untuk sebagian “Orang Indonesia” yang tidak peduli dengan lingkungan. Tapi emang sepertinya jadinya banyak reader yang mislead dengan title-nya ya
Btw, aku coba browse ke http://himaho.com dan tidak bisa melakukan akses ke situs ini, tapi dengan menyatakan bahwa Bang Nuski adalah aktivis lingkungan hidup, aku berasumsi bahwa Bang Nuski juga sedikit ‘mislead’ poin dari my post.
Soda
December 17th, 2007 at 1:47 PM
Saya Setuju dengan Nuski…
____________________________________
Aku juga kok Bang Hafiz
Soda
December 17th, 2007 at 1:48 PM
Saya Dengan Nuski Juga…
__________________________________
Aku juga dengan Nuski juga kok
Soda
December 19th, 2007 at 10:29 PM
Wah Kurang Azar yang Bikin Anak Mana neh..
Jangan mpe muka lo gwe jadiin Botol susu deh..
Apa mau kaya Siti nurhalisa??
Mukanya Bebek gt..
wkwkwkwkwkwkwkwkwkw..
Love Indo Not like This Looserz..
December 23rd, 2007 at 4:02 AM
Ok. Aku selalu mendukung apa aja yang menyangkut lingkungan hidup n pemanasan global walopun aku gak pernah masuk green peace atau organisasi sejenis. Kalau judulnya hanya dimaksud untuk menarik pembaca sih okay2 aja. Tapi kalau judul yang dimaksud adalah keseluruhan bangsa Indonesia jelas saya protes. Dari 220 juta rakyat indonesia taruhlah yang bisa berenang 50%= 110 juta. dan dari 110 juta tu taruhlah 30% yang hidup mengandalkan laut = 33 juta. dari 33 juta, taruhlah 10% yang buru ikan paus = 3juta 300ribu. Alamak. 330ribu gak bisa jadi alasan untuk mengatakan I hate Indonesia.
————————————————————–
No …. judul yang dimaksud tidak untuk seluruh bangsa.
Soda
January 2nd, 2008 at 4:52 PM
waaa anda salah alamat, harusnya anda bilang benci org jepang atau norwegia. mereka kan pembunuh banyak ikan paus dan dijadikan industri. selain itu jgn berlaku sok global karena ikan paus dan pemanansan global anda bilang i hate indonesia. kyk gak ada hal lain yg diurusin aja. jgn2 karena anda gak punya pacar ya?
____________________________________________
Awalnya juga sperti itu mau nulisnya, tetapi ternyata berdasar statistik akhir, perburuan ikan Paus di beberapa negara sudah menuruti pembatasan pemburuan.. BTW I hate indones[n] nya ditujukan hanya untuk yang membunuh paus saja kok.
Ndak punya pacar? Waah betul tuh, karena saya sudah berisitri kok.
Sonny
January 8th, 2008 at 1:56 PM
ehm..
thanks bgt y dah ngehina negara gw tercinta…
gw heran ma yang bikin blog ini..
knapa cuma ngliat sebelah mata???
mnurut gw, smua di dunia ni g da yg sempurna,..
atow Lw sirik ya ma indonesia, karna indonesia memiliki banyak KEBUDAYAAN..
dan kekayaan alamnya….
bisanya cuma ngakuin kebudayaan negara lain..
ga malu tuh!!!
di cap dngan negara PLAGIAT!!!
dasar negara ga berbudaya!!!
_________________________________________
Comment :
Aku orang Indonesia aseli lho mbak, tepatnya Arema
Soda
January 21st, 2008 at 4:11 PM
mas mas judul blog kamu itu maksudnya apa…benci sama yang bunuh ikan paus???..trus ngapain juga taruh nama indonesia(n)di belakang..klo nulis judul yang bener dong, edit dulu kalo perlu jangan berbau provokasi..
klo tentang pemburu ikan paus di indonesia, apa kamu sudah baca dari A-Z, apa mereka berburu setiap hari, sebulan sekali, ato setaun sekali???
ada lagi nih, emang kamu yakin di tempat laen g ada perburuan ikan paus lagi…weeekksss..
klo menurutku itu booHOONGG bEESAAAARRRR…kampreet
mana bisa yang hobinya berburu terus berhenti berburu, terutama negara pengkonsumsi ikan terbesar…ok..lain kali cari judul yang bener, klo kamu masih ngaku anak indonesia..bukan anak ikan paus..
___________________________________________________
Hla ya itu …
maksudnya ya persis seperti yang mas tulis …
Cuman persepsinya ternyata bermacam2 ya ….
Soda
January 23rd, 2008 at 4:51 PM
ok2 untuk teorinya….
tapi saia mo ngomong fakta dikit..mohon ijinnya bang sonny….
tau berapa konsumsi ikan paus dalam sehari?? tau berapa ratus ton hewan yg dimakan sekelompok ikan paus dalam sehari?? dan apa cuma Giant Squid yg TERMAKAN oleh ikan paus??
pernah mikir dikit gak, klu misalnya ikan paus di dunia hidup terlindungi smua, dan jumlah makanan ikan paus udah habis, sekelompok ikan paus akan bermigrasi, dan ini gak sedikit yg menyebabkan beberapa ikan paus terdampar di pantai di beberapa tempat dan mati… klu emang mo menjaga keseimbangan ekosistem laut, predator teratas [walaupun dibawah manusia] juga musti di stabilkan…
Perburuan ikan paus gak dilakukan besar2an, dari faktanya liat aja kapal yg digunakan, alat yg digunakan, dan cara perburuan yg di lakukan beberapa orang di Indonesia…
berbeda dengan perburuan [ikan paus] yg dilakukan negara2 maju yg menggunakan kapal dan peralatan berat, pernah dengar orang Filiphina sampai ke laut indonesia untuk berburu ikan paus?? dan apakah orang jepang berburu ikan lumba2 dari laut mereka, emang di tangkapnya di perairan mereka, tapi digiringnya dari mana??
tadinya saia tidak mau berbicara, tapi karna hanya satu teori yg belum tau fakta2 lain dibicarakan disini dan tervonis suatu judul yg sangat general, makanya saia mampir sedikit disini…
mohon maaf sebelumnya…saia g ng-offens siapa2 disini…
——————————————————————————-
Betul …
Dan tujuan dari tulisan diatas cuma satu kok.
Wild life preservation
Soda
February 6th, 2008 at 12:31 AM
Ni yg nulis blog mah bertele2.
February 17th, 2008 at 10:16 AM
Dari judulnya “I hate Indonesia[n]” sengaja saya kopi biar gak salah ketik, apa tidak menunjukan bahwa Anda memang membenci Bangsa Indonesia?
Jika Anda berkelit bahwa yang Anda benci adalah Pemburu Paus, pantaskah judul dari artikel ini adalah “I hate Indonesia[n]“?
Atau Anda adalah orang yang sedang frustasi, sehingga ketika Anda membenci bagian terkecil dari sesuatu maka secara keseluruhan Anda benci?
Sekedar saran… Sebelum semuanya terlambat, saya rasa sebaiknya ke psikiater dulu…
__________________________________________________________________________
Ah menurut aku juga masih pantas kok
Selama whale killer itu masih Indonesian kan judulnya juga passs
Sonny
February 20th, 2008 at 5:23 PM
Waahh,.jadi rame yaa,gara-gara sebuah judul. Menurut saya; Anda (Soda) benar, dan “yang lain” juga tidak salah., masing-masing bicara dari kaca matanya sendiri. Yang salah adalah; ketika “yang lain” memakai kaca mata yang tidak tepat . Satu harapan saya kepada “yang lain”,; Bisakah kita mempergunakan bahasa yang lebih sopan untuk menyampaikan protes/kritik/comment’s kita pada seseorang ? Wise man say : Bahasa menunjukkan bangsa.
But, by the way; saya cenderung memakai kaca mata yang sama dengan Mas Sonny, saya khawatir nanti pada tahun 2100 Ikan paus bungkuk (Sperm Whale - Physeter macrocephalus) senasib dengan Brontosaurus, T-rex, Raptor dll ( Ada dalam ketiadaan ).
Di lain pihak, saya bertanya-tanya dalam hati; bagaimana nasib masyarkat nelayan yang menggantungkan hidupnya “hanya” dari berburu Ikan Paus ? Bagaimana seharusnya kita memperlakukan mereka tanpa ada yang dirugikan termasuk si Paus Bungkuk dengan lengkingan terkerasnya ?
_________________________________________________________________
Ya itu yang jadi masalah …
Bagaiman dengan nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan berburu paus?
Memang solusi masih agak jauh dari harapan untuk saat ini. Pendidikan sebenarnya solusi yang bagus, tapi butuh waktu lama
Sonny
March 4th, 2008 at 6:54 AM
apapun komentarnya yang penting jangan benci orang indonesia !!!! kalau benci dengan seseorang ya personalnya aja bukan negaranya paham!!!!!! saya sebagai orang indonesia kalau ada yang menghina bangsa ini langsung otomatis membela ini namanya nasionalis ini lah kebanggaan orang indonesia karena tanpa ada imbalan apapun nasionalisnya kuat banget. dan saya tidak percaya kalau penulis ini orang indonesia karena tidak punya jiwa nasionalis. kalau dia bilang orang malang itu gak mungkin karena orang malang sangat nasionalis, jangankan menyangkut bangsanya menyangkut tim sepak bolanya saja dia akan bela habis habisan itulah orang malang yang sebenarnya.
Thanks and Regards,
Angga
March 16th, 2008 at 8:16 PM
kasian mas…caper banget sih…mbok ya yang di bahas yang lebih penting..jarene wong jawa,kok rak njawani?sok2an kaya malay ngono?cintai bangsa sendiri itu sama ky mencintai diri sendiri..bertobatlah…hehe
March 19th, 2008 at 10:24 AM
sebaiknya diganti aja judulnya jadi i hate indonesia(n) whale hunter.
March 24th, 2008 at 8:35 PM
Sebagai orang Indonesia, dengan rendah hati saya minta saudara sonny mengganti judul tulisan tersebut diatas, untuk mencegah kesan-kesan buruk terhadap Indonesia, apapun maksud tulisan anda, tidak perlu membuat emosi orang Indonesia kan?
April 10th, 2008 at 6:36 PM
heh malay, kalo lo benci ama Indonesia, knp lewat blog? paling ga lo datang kek ke sini komentar langsung ama pemerintah, lo ga tau kan gimana kalo negara sendiri di hina seperti ini, PAKE OTAK DONG KALO NULIS SESUATU
saya sebagai warga ASLI INDONESIA AKAN MEMBELA NAMA BAIK NEGARA SAYA, walaupun negara ini menggunakan kekerasan, namun JIWA NASIONALIS KAMI SANGAT KUAT. INDONESIA MEMILIKI BERBAGAI BUDAYA YANG KHAS NEGARA INI SENDIRI, TIDAK MENGAMBIL DAN TIDAK MEMBELINYA DARI NEGARA LAIN.
MOHON DIMENGERTI DAN DICAMKAN BAIK - BAIK
SAYA WARGA ASLI INDONESIA
April 12th, 2008 at 6:49 PM
elo orang jawa timur mana seeh? nelayan yang memburu paus tu pake alat2 tradisional, emangnya dalam sebulan bisa nangkap berapa? kayak kamu aja yang ngelahirin whale?
May 11th, 2008 at 1:45 PM
siapapun orangnya kalo yang merusak alam (darat/laut/udara)dengan pembabatan hutan, pengeboman ikan/perburuan paus dan penyumbang polusi udara adalah oang-orang yang tidak tau bersyukur kepada Pencipta alam semesta (Allah SWT).
LAWAAAAAAAAAN MEREKAAAAAAA…………………
Jangan Takuuuuuuuut……..!!!!!!!!!!!
May 13th, 2008 at 4:20 AM
kampret,,,aku malah baca blog iki.
mas, judul e sampean kleru, dan menyinggung banyak orang. tapi berhasil membuat banyak orang berkomentar. selamat.
May 25th, 2008 at 4:22 PM
i sometimes hate indonesia cuman untuk plajaran sejarahnya n i love whale tp gw gak bilang klo semua orang di indonesia itu
killer whale
gw cuma maw kasih taw, klo loe benci indonesia brati lo benci diri loe sendiri karna loe orang indo asli!!!
gw bkn ingin ikut campur tp menurut gw omongan loe ad yg bnr
ad yg salahnya amit2 n i just want to tell u!!
May 27th, 2008 at 7:39 PM
kacian banget ma ikan paus yang diburu di mana-mana (bukan cuma di Indonesia), apalagi yang berbasis kepentingan ekonomi…
June 17th, 2008 at 12:15 PM
klo saya setuju dengan usaha perlindungan mamalia laut.
manusia kan gak disuruh untuk menghabiskan sesukanya isi alam, tapi mengelola. Lagian klo bukan kita siapa lagi.. masak anak cucu kita ntr nanya yang namanya paus kyk mana kita cuma bisa bilang..”katanya” doang, klo gak “ini fotonya”…gitu doang?
buat bg sonny, boleh dong ikutan posting di goblue.or.id. site ini untuk kampanyein pelestarian lingkungan (working together for better future)..jadi bebas, mau nulis, nanya, shae info ,dlll
salam kenal
SALAM GO BLUE
July 9th, 2008 at 6:36 PM
Yang harusnya dibenci itu orang yang gak pnya hati bunuh paus.
bukan orang indonesia.
kalo kamu sebtnya orang indonesia, berarti semua penduduk indonesia.
jangn bepikiran sempit begitu.
itu kan yang kamu liat ja.
yang gak kamu liat gmn?
sipa tau dari bangsa mu sndri?
August 6th, 2008 at 7:49 PM
hmmm,,,
kalau melihat penjelasan dari “penulis” blog ini, saya minta tolong dong jelasin bagian dari blog itu yang nga mengatakan masyarakat Indonesia secara general seperti yang dibilang anda?
kita semua tahu, judul dari suatu tulisan itu mewakili dari isi tulisannya tersebut, No wonder orang2 merespon nga suka terhadap tulisan anda.
nanya lagi donk!boleh kan?
apakah anda sudah merasa ikut andil dalam melestarikan lingkungan?hmm,,,spesifiknya sih klo mau disebut, ya Indonesia.
saya pribadi sih mengaku belum begitu turut andil dalam menjaga lingkungan. yah masih hal kecil2 saja lah.
August 7th, 2008 at 11:07 AM
Mas Salman ..
Secara implisti tulisan itu mengumumkan bahwa yang dibenci adalah whale killer - kebetulan lokasinya ada di Indonesia
BTW, kalo judul mewakili tulisan memang betul (apalagi untuk kasus jurnal ilmiah/skripsi/tesis) tetapi untuk sebuah tulisan umum kayaknya juga bakalan aneh kalo nanti judulnya “Aku benci Indonesia yaitu orang-orang Indonesia yang secara sengaja membunuh Ikan Paus Bungkuk untuk bertahan hidup” - kepanjangan kan
Andil melestarikan alam? Apakah aku sudah merasa andil di sana? hmmm aku juga lebih suka mengaku seperti anda hlo, “belum dan masih yang kecil2 saja”.
Sonny
August 24th, 2008 at 12:51 PM
gini bung..
yang anda maksud itu pasti perburuan paus di Lamalera Nusa Tenggara.. Di mana orang yang tradisi berburu paus itu cuma ada di satu DESA SAJA!! (pernah dengar Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau dan 2 ratusan juta penduduk total)
Dan mereka berburu pakai alat tradisional, dan oleh karena itu cuma menangkap paus sesuai dengan kebutuhan mereka saja..
jelas beda dengan Jepang yang menangkap paus dengan pemikiran industrial.. alias untuk dijual.. Sehingga sekali tangkap mereka bisa membunuh puluhan bahkan ratusan paus..
Serta di Jepang memakan paus seakan sudah masuk ke dalam kebudayaan nasional alias ia tidak hanya menjadi kebiasaan satu desa saja tapi nasional
August 24th, 2008 at 12:52 PM
eh tp ngomong2 ada bhawikarsu, jangan2 alumni sma3 ngalam?
__________________________________
Alumni SMA3?
Yup betul …
Kalau mau tau profile-nya silahkan di liat di http://sonnyhidayat.net/about ya.
Salam
Sonny
August 29th, 2008 at 6:52 PM
Aduh, kok judulnya I Hate Indonesia[n], sih? Gak usah baca isinya juga udah marah. Indonesia kan tempat di mana anda lahir. Seharusnya gak boleh begitu.
September 1st, 2008 at 9:57 AM
gak suka ngebunuh paus? siapa juga yang suka.
Tapi kenapa yg diatas namakan indonesia?! buat apa kamu ngomong di internet?! kenapa gak berhadapan dengan nelayannya langsung? bisa nggak? usaha dong! jangan bisanya cuma nulis!!!
_________________________________
Diatas namakan Indonesia, karena tulisan didasarkan pada informasi Wikipedia tentang Sperm Whale yang memang menyatakan demikian.
Semoga informasi Wikipedia-nya salah.
Tapi saat membuat posting ini, wikipedia adalah rujukannya.
Sonny
September 12th, 2008 at 1:37 PM
uuu… penulisnya munafik
ga mau ngaku salah
ngebela diri terus
ga akan di bilang penulis kalo tidak bijaksana mau mengakui kesalahan
ini masalah negara dan nasionalisme bung
anda melakukan kesalahan fatal di bagian awal.
tinggal ngaku anda salah, jangan terus membela diri dan kita akan mahfum.
regards
October 16th, 2008 at 3:39 PM
Generally, whaling kan ada 2 traditional whaling dan commercial whaling, yang termasuk traditional wahaling tu ya kayak yang di indonesia dan ini “dimaklumi” oleh International Whaling Comission karena tidak bertujuan komersil sementara jepang jelas-jelas memanfaatkan “loop hole” dari peraturan icrw artikel VIII yang membolehkan whaling atas dasar scientific. Jadi kalo saya, skali lagi kalo saya lo, kok lebih benci Japaneese (not japan) whaler daripada indonesia[n] whaler karena toh orang jepang bisa makan apa aja selain whale sementara buat orang indonesia whaling sekedar pemenuh kebutuhan konsumsi dan memelihara nilai-nilai tradisi (mereka menolak menggunakan harpoon seperti kapal pemburu paus jepang walau hasil yang didapat jauh lebih banyak)matur nuwun..
nb: PAUS BUKAN IKAN
November 30th, 2008 at 8:10 AM
ya ampun…
judulnya heboh banget kirain apaan…
huhu, nemu dari google nih…
lam kenal ya bang
December 25th, 2008 at 11:43 AM
mas sony yang ganteng tapi munafik.gakusah lah kita terlalu munafik sok_sok pecinta lingkungan.apa anda selama hidup gak pernah merusak alam.klo gak pernah MUNAFIK.dan untuk negara anda yg norak,kampungan,pembajak,sok ngomong inggris trus,cukup 3 kata untuk anda s**k my d**k.
December 31st, 2008 at 4:58 PM
Hahahahahahahhahahah
Banyak Yang Protes, Tapi memang rakyat indonesia tidak pernah dewasa
December 31st, 2008 at 5:04 PM
Hahahahahahahhahahah
Banyak Yang Protes, Tapi memang rakyat indonesia tidak pernah Bersikap dewasa,
Maunya Suka Merusak,
1. Merusak Alam ( Hutan Di Tebas Habis, Hewan Lindung Di Basmi,Dan Suka Buang Sampah Sembarangan, Makanya Selalu Kena Musibah Alam )
2. Merusak Fasilatas Umum ( Kalau Lagi Unjuk Rasa )
Emang Tidak Semuanya Seh, Tapi Kebanyakan Tuh.
Kalau Ada Yang Gak setuju, Silakan Marah Diri Sendiri, karena fakta gak mau di terima