Pesawat terbang = penemuan gagal

Penemuan gagalTanpa bermaksud mengecilkan arti penemuan Wright Bersaudara lebih dari 100 tahun yang lalu. Aku harus mengatakan bahwa pesawat terbang adalah penemuan gagal. Aku hampir setiap bulan menggunakan moda transportasi ini dan tiap kali aku masuk ke dalam kabin satu pesawat, aku tidak pernah menyukainya. Pertanyaan-pertanyaan nakal selalu timbul:

  • Kenapa pesawat ini harus selalu membawa mesin cadangan?
  • Kenapa prosedur keselamatannya sangat rigid?
  • Kalo mau nembak SIM C gampang, tapi kok kalo nembak SIM pesawat kok impossible? πŸ˜‰
  • Kenapa aku ndak bisa pake hp ku didalam pesawat?
  • Kenapa di dalam pesawat ini kok makin banyak orang yang tiba-tiba berubah menjadi religius dan banyak berdoa?
  • Kenapa kok fasilitas tambahan keselamatannya begitu lengkap dan personal?
  • Dan kenapa-kenapa yang lain?

Sementara moda transportasi yang lain dalam keadaan mesin off stationer mempunyai status keselamatan yang tinggi. Sementara untuk pesawat, dalam keadaan stationer dan mesin mati maka hanya satu yang paling baik untuk dikerjakan. Berdoa. (Hal ini pula yang menyebabkan aku percaya bahwa sopir pesawat alias pilot merupakan calon-calon utama penghuni surga –kidding–) Dalam banyak survey, tingkat prosentase kecelakaan pesawat terbang di dunia merupakan yang terendah di antara moda-moda transportasi yang lain. Namun kalau kita runut lebih jauh dan kita ubah pernyataan survey tersebut, berapa prosen kemungkinan selamat saat satu pesawat mengalami engine trouble atau kerusakan mekanis? Mungkin akan muncul satu angka yang mengerikan dan ini sangat menyangkut nyawa kita πŸ™ Dalam banyak film, digambarkan moda transportasi masa depan memang terbang, tapi tidak lebih tinggi dari setengah meter di atas permukaan tanah atau air. Ingat komik Trigan (Trigan Comic), atau i-Robot? Memang kendala yang harus diatasi adalah mengangkat body mobil seberat hampir dua ton sehingga bisa terbang setinggi setengah meter. Solusi awam adalah:

  • menggunakan mikro nuklir – micro nuclear (dengan resiko radiasi) atau
  • penemuan anti gravitasi materi (fisikawan: mungkinkah?)

Tugas inventor adalah merealisasikannya. Mampukah? Aku yakin. Karena aku juga yakin film2 itu merefleksikan masa depan. Iya,…. refleksi masa depan. Hal ini mengingatkanku satu fisikawan dunia yang mempertanyakan satu pertanyaan absurd tentang konsep fisika makro dan dimensi waktu: Mengapa kita mengingat masa lampau? Mengapa tidak masa depan? (kalau aku yang diminta menjawab, jawabannya adalah mudah: karena aku sudah pernah mengalaminya). Mungkin pertanyaan ini pun sudah terjawab di sepanjang usia peradaban. Karena manusia semacam Nostradamus (mungkin) telah mengalaminya. Sementara di dunia modern ini yang pernah mengalaminya lebih dikenal dengan dukun atau ahli nujum πŸ™‚ So? Itulah enaknya jadi pengamat, bisa menilai penemuan sekenanya. Pesawat adalah produk gagal ! Satu-satunya alasan kita menggunakannya adalah karena kita belum memiliki opsi yang lebih baik. Obyektif? Ndak perlu, karena it’s my life.


11 Respon untuk “Pesawat terbang = penemuan gagal”

  1. syaifur rizal :

    boleh2, masih ada lagi yang sama rawannya adalah transportasi laut. Memang peluang selamatnya jika terjadi masalah mesin masih lebih besar dari pada pesawat tapi tetap saja nyawa yang dipertaruhkan…..

    Dari pada mobil terbang mendingkan pake teleportasi seperti pada startrek dan itu mungkin dalam fisika modern

  2. knp pswt anda katakan penemuan gagal
    kok komentarnya kayak anak tk gitu?????????

  3. kok gagal??????
    ya udah lu naik mobil aja nyebrang pulau!!!!!!!!!

    mau loe!!!!!!!!

  4. Kenapa gagal???
    Semua kecelakaan yg terjadi kebanyakan dari segi manusianya dan pengadaan spare part yg minim (terutama di negara kita) dan sisanya..”hanya Tuhan yang punya kerja” dan itu juga sudah saatnya..
    Kalau anda berkata gagal maka anda seperti berjalan mundur dalam hidup anda..

  5. Nah itu,
    untuk moda yang lain dari segi manusianya lalai, tapi masih banyak yang bis selamat hlo.
    Dan kalau aku bicara gagal, bukan berarti mau mundur kan, maunya supaya cepet2 maju supaya ada moda transportasi yang terbang tapi rendah (ndak sampai 0.5m diatas tanah).

    Sonny

  6. Wegh…jadi pengen urun rembug negh Brow Sonny….
    Sekaligus share uneg-uneg, khayalan, ma informasi…kali aja web/portal ini jadi perhatian Bpk. B.J Habibie yg jago aeronautika ato rekan-rekan dari dunia penerbangan lainnya

    Atleast web/portal ini jadi tambah terkenal
    Dan klo ada ide2 dari kita2 yg mau dipakai, musti minta ijin dolo, dan fee-nya dibayar ama Motor Tua, Onderdil dan duit cash buat beli bensin & bekel jalan-jalan…. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚
    Setuju kan Brow Sonny..?

    Ehm..ehm…
    Saya pernah cari & baca disalah satu media, wright bersaudara bukan orang pertama yg membuat pesawat & masih belum bisa dianggap “terbang” krn hanya bertahan selama beberapa detik…sayang nya saya tdk bisa memberi referensi lebih jauh penyangkalan ini, yg saya ingat bahwa tokoh yg benar2 pertama kali bisa “terbang” adalah orang berkebangsaan Jerman…begitu…kurang lebih

    Utk “engine cadangan”, mungkin salah satu maksudnya teknologi “fly by wire”, bukan berarti terbang dgn cara nyantol dikawat ato musti ada bongkar pasang mesin selagi terbang (lha mekaniknya kepriye..?)
    Tapi dgn kondisi mesin mati total, pesawat masih bisa terbang-turun dan mendarat dilokasi terdekat, teraman dan selamat dgn pengaturan tenaga sisa (Daya dorong dan kelola daya tolak angin-aero dinamis) oleh system yg sdh diapplied dan disesuaikan di pesawat tersebut, hingga resiko pesawat langsung nukik & nyungsep bisa dihindari trus dongkrak % keselamatan penumpang

    Yg lebih heboh lagi, pemilik lisensi & hak patennya orang Indonesia tuh…taukan siapa?…. πŸ™‚
    Jadi semua pesawat dari pabrikan manapun yg mau applied teknologi ini, musti absen, kulonuwun dan nyetor upeti (Waaahhh enaknya…) dgn putra bangsa ini… πŸ™‚

    Trus untuk masalah energi & teknologi alternatif, saya lebih cenderung berangakat dari pemikiran yang sama dengan Brow Sonny… komik, kartun, atau hal yg kurang serius lainnya terkadang musti kita akui justru memberi ide luar biasa….
    Wah… yg ini bakalan panjang negh ceritanya…. karena uneg2 saya bakal keluar semua….

    Nunggu respon dari yg lain dolo deh… πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    Oke kan Brow Sonny?

    Surya
    Anywhere under the sun, riding the old bike

  7. kalo gitu mobil bis juga adalah produk gagal dunk???? coz mobil sedan lebih nyaman kali yey? hehehehe…

  8. nek GAGAL gak usah gunain,wong tukang insinyur sedunia wis meres otak kok msh di bilang gagal ya,jawabe”ciptaan manusia tu ga ada yg sesempurna ciptaan ALLAH YME.ketidak sempurnaan tsbt adalah cermin kita untuk kembali menghadap & bersujud kepada NYA.bagai mana pun jg kita hrs mensyukuri secuil kesempurnaan Tuhan yg di berikan u/kita, di bilang gagal saya mah anehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  9. di anggap gagal……………….
    mungkin karena rasa takut anda saja yg berlebihan…….
    sory………

  10. Eh Dasar Lo berfikir Kerdil dan Tradisionil Ya…….

  11. gw termasuk orang yang takut ketinggian, walopun gw sering juga dan gak jarang juga naek pesawat…. tp tetep ngeri terus ya namanya naek pesawat… enakan dan nyamanan naek bus gitu..

Tinggalkan pesan/komentar