Seberapa jauh?

Dua minggu yang lalu, aku memberikan (sekali lagi) pelatihan pengetahuan dasar internet dan intranet untuk perwira TNI.

Hanya perwira yang mengikuti kegiatan ini. Letnan ke atas. Dengan harapan mereka bisa menjadi agen perubahan di lingkungannya. Memang inisial awalnya kegiatan ini didesain oleh Pangdam I Bukit Barisan dan EGM Divisi I Telkom Sumatra.

Perwira disini berarti mereka adalah lulusan Akabri atau S1 eks wamil. Dengan bekal ini aku masih berharap tingkat penyerapan ilmunya masih bisa lumayan lancar.

Namun berdasar pada pretest yang ada hanya 41 prosen yang tahu basic internet. Itupun masih harus dikurangi beberapa prosen lagi bagi yang beruntung karena pertanyaannya memang muliple choice bukan open question. Bad.

Tanpa bermaksud menyepelekan fungsi TNI dalam peran utamanya, kemampuan ini jauuh di bawah rekan2 perwira militer negara tetangga. Apalagi yang bukan negara tetangga 🙂 Bahkan cukup jauh dibawah kemampuan rata2 anak2 SMA swasta Indonesia.

Pelatihan berjalan lancar dan resultnya mereka sudah menggunakan produk TLKM 🙂 Namun bukan itu yang menjadi pertanyaan besar di benakku.

Mengapa sebegitu parah?

  • Apakah karena infrastruktur untuk itu ndak ada?
  • Apakah terlalu mahal?
  • Apakah gaji hanya cukup untuk basic need saja dan tidak untuk yang lain?
  • Apakah kesadaran pentingnya informasi belum terbiasa?

Berdasarkan wawancara dengan beberapa perwira pada saat istirahat, beberapa dari mereka mengindikasikan bahwa pointer alokasi gaji memang tidak mencukupi, namun demikian aku sendiri lebih cenderung menganggap bahwa kesadaran akan pentingnya informasi yang menjadi masalah.

Tapi apapun yang terjadi, tingkat kesadaran ini tidak akan meningkat dalam dua minggu. Its a long run project. Paling tidak sudah ada inisialisasinya.
Jadinya memang aku memberikan beberapa perhatian khusus kepada para perwira yang dengan keterbatasan ini masih mau untuk secara regular melakukan check email mereka. Cukup email dahulu, jadi kalau mau jelasin Joomla atau CMS, harus menunggu generasi berikutnya.

Inisialisasi dari aku untuk bantuan pengetahuan mereka adalah akhirnya aku pasang satu free hotspot internet area di asrama TNI selama 2 bulan, moga2 bisa bermanfaat.
Emang sih lokasinya juga bersebelahan dengan tempat bilyar yang oke, jadinya kalo lagi pas penat bisa sekalian ngupi, bilyar dan browsing disana.

Happy 9 ball!


Tinggalkan pesan/komentar

»