Anda termasuk 2%?

Ada 5 buah rumah yang masing-masing memiliki warna berbeda. Setiap rumah dihuni satu orang pria dengan kebangsaaan yang berbeda-beda.

Setiap penghuni rumah menyukai jenis minuman tertentu, merokok satu merk rokok tertentu dan memelihara satu jenis hewan tertentu.

Tak satupun dari kelima orang itu yang minum minuman yang sama, merokok satu merk rokok yang sama, dan memelihara hewan yang sama seperti penghuni yang lain.

PERTANYAAN : Siapakah yang memelihara IKAN?

PETUNJUK:

  • Orang Inggris tinggal di dalam rumah berwarna merah
  • Orang Swedia memelihara anjing
  • Orang Denmark senang minum teh
  • Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat
  • Penghuni rumah berwarna putih senang minum kopi
  • Orang yang merokok PallMall memelihara burung
  • Penghuni rumah yang terletak ditengah-tengah senang minum susu
  • Penghuni rumah berwarna kuning merokok Dunhill
  • Orang Norwegia tinggal di rumah paling pertama
  • Orang yang merokok Marlboro tinggal di sebelah orang yang memelihara kucing
  • Orang yang memelihara kuda tinggal di sebelah orang yang merokok Dunhill
  • Orang yang merokok Winfield senang minum bir
  • Di sebelah rumah berwarna biru tinggal orang Norwegia
  • Orang Jerman merokok Rothmans
  • Orang yang merokok Marlboro bertetangga dengan orang yang minum air.

Albert Einstein menyusun teka-teki ini pada abad lalu.
Dia menyatakan, 98% penduduk dunia tidak mampu memecahkan teka-teki ini.

Apakah anda termasuk yang 2%?

Hati2: Tidak banyak yang mampu mengerjakan soal ini. Bahkan dalam kenyataannya, hanya satu referensi yang menunjukkan jawaban yang benar dari begitu banyak jawaban di internet.


5 Respon untuk “Anda termasuk 2%?”

  1. Yang ini masuk Google tidak?
    http://kun.co.ro/2003/03/25/91343264/

    Oh ya, terima kasih atas kunjungannya 🙂

  2. Wah
    Iya termasuk ….. ixixixixix
    Yang 98% 🙂

    Karena ada yang menjawab ndak seperti mas Koen++
    Ada yang memisahkan antara fakta dan persepsi 🙂

    Sonny

  3. 2 hari yang lalu soal ini kan saya copas di FB, maunya sih nanya ke temen. EH, tapi sama aja, temen nggak ada yang bisa jawab.

    Nah, jam setengah 2 tadi, aku mulai coba2 mencari jawabannya dengan cara berkomentar.

    Dan hasilnya.. (nggak tau bener apa salah, ini adalah hasil copy paste asli dari komentar saya barusan)

    Tak tau bener apa salah. Silakan dilihat

    1. Anjing: Orang Swedia
    2. Kucing: KAYAKNYA SIH YANG DOYAN MINUM AIR
    3. Burung: MEROKOK PALLMALL
    4. Kuda: DI SEBELAH RUMAH WARNA KUNING
    5. Ikan: ???

    Sori menuhin notip –>
    1. Norwegia (karena udah gak ada lagi berarti ini warna kuning)
    2. RUMAH WARNA BIRU
    3. RUMAH WARNA MERAH (ORANG INGGRIS) YANG DEMEN MINUM SUSU
    4. RUMAH WARNA HIJAU YANG DEMEN MINUM KOPI
    …5. KARENA UDAH KAGAK ADA LAGI JADI ANGGEP AJA INI RUMAH WARNA PUTIH
    1. (Anggep aja) Norwegia, rumah warna kuning, demen ngerokok dunhill
    2. (Anggep aja) Rumah warna biru, melihara kuda, *ngerokok Winfield, demen bir*
    3. (SEMOGA AJA) Orang Inggris, melihara burung, ngerokok PallMall, minum susu *udah gaada la…gi*
    4. (Anggep aja) Orang Jerman, minum kopi, warna hijau, rokoknya Rothmans
    5. Warna putih, anggep aja orang Denmark, doyan teh.

    ADA YANG SALAH DENG -_-
    Ganti
    1. (Anggep aja) Norwegia, rumah warna kuning, demen ngerokok dunhill *moga2 kucing*
    2. (Anggep aja) Rumah warna biru, melihara kuda, *ngerokok Marlboro, teh*
    3. (SEMOGA AJA) Orang Inggris, melihara burung, ngerokok… PallMall, minum susu *udah gaada lagi*
    4. (Anggep aja) Orang Jerman, minum kopi, warna hijau, rokoknya Rothmans
    5. Warna putih, anggep aja Winfield, demen bir, anjing.

    1. Norwegia, WARNA KUNING, DEMEN DUNHILL, MELIHARA KUCING *karena udah gaada lagi anggep aja begini lah*
    2. Denmark, WARNA BIRU, MELIHARA KUDA, DEMEN TEH AMA MARLOBORO
    3. Inggris, WARNA MERAH, MIARA BURUNG, DEMEN PALLMALL AMA SUSU
    4. Jerman, …WARNA HIJAU, DEMEN ROTHMANS AMA KOPI
    5. Berarti ini Swedia!! WARNA PUTIH, MIARA ANJING, DEMEN WINFIELD SAMA BIR.

    Berarti yang gak kebagian binatang adalah..

    JERMAN! YA JERMAN! AHAY! TERNYATA GUE TERMASUK DARI 2% ORANG YANG BISA MENJAWAB SOAL INI! ASIKASIKASIK XDD~

  4. Wah, setelah ngutak ngutik beberapa menit, akhirnya ketemu juga jawabannya, hampir nyerah tapi nggak jadi nyerah karena menolak menjadi yang 98%; Hore!!! ku bener2 mikir sendiri loh;
    Jawabannya orang Jerman;
    Cara aku nemu solusinya bikin kotak2 dulu yg dianggap rumah, disusun dari kiri ke kanan;

    Kotak pertama:
    NORWEGIA
    KUNING (krn warna ini yg tersisa dr logika, tidak mungkin coklat krn putih mendahului coklat sedangkan ini hrs jd rumah yg pertama; tidak mungkin putih krn sebelah kanan putih haruslah coklat, sedangkan di sebelah kanan rumah ini haruslah biru, jadi tidak mungkin jg biru; tidak mungkin merah karena yg tinggal di rumah merah orang Inggris)
    DUNHILL (Karena itu rokoknya penghuni rumah kuning)
    AIR (tidak mungkin susu krn rumah tengah yg suka susu, tidak bisa kopi krn rumah putih yg suka kopi, tidak bisa bir krn penyuka bir rokoknya winfield, tidak mungkin teh krn orang denmark yg minum teh)
    KUCING ( karena di sebelah kiri perokok marlboro, yg disebelah kanan perokok marlboro yakni orang inggris sudah memelihara burung)

    Kotak kedua:
    BIRU (krn rumah biru tinggal di sebelah Norwegia)
    KUDA (karena di sebelah si perokok dunhill)
    MARLBORO rokoknya (krn tinggal di sebelah peminum air)
    TEH (karena air sudah diminum norwegia, susu diminum rumah tengah, bir diminum perokok winfield, kopi diminum rumah putih)
    DENMARK (karena minum teh)

    Kotak ketiga:
    INGGRIS (orang inggris tinggal di rumah merah)
    MERAH
    Awalnya ada dua kemungkinan:
    -Kotak ketiga putih, keempat coklat, kelima merah – ingat putih disebelah kiri coklat
    (Logika ini ditolak karena penghuni rumah putih suka minum kopi bertabrakan dgn logika rumah ditengah / kotak ketiga harus suka susu)
    -Warna merah dulu, baru putih baru lalu coklat – ingat putih disebelah kiri coklat (ini yg benar)
    SUSU (rumah di tengah2 / kotak ketiga suka susu)
    PALLMALL (krn dunhill dihisap norwegia, marlboro dihisap denmark, rothmans dihisap jerman dan perokok winfield minumnya bir bukan susu)
    BURUNG (karena perokok pallmall)

    Kotak keempat:
    PUTIH (duluan dr coklat krn di sebelah kirinya)
    KOPI (penghuni putih suka kopi)
    ROTHMAN (rokok2 lain sudah diambil penghuni sebelumnya diatas yg tersisa hanya rothman dan winfield, tapi perokok winfield minumnya bir bukan kopi)
    JERMAN (krn merokok rothman)
    ? (peliharaannya)

    Kotak kelima:
    COKLAT
    WINFIELD (hnya ini yg tersisa)
    BIR (krn perokok winfield)
    SWEDIA (hanya ini yg tersisa)
    ANJING (swedia memelihara anjing)

    MAKA jelaslah JERMAN yg melihara IKAN

  5. @ MONITA

    Kayanya kamu ngebaca jawaban di web kuntoro itu deh, soalnya km menyebut rumah hijau, sedangkan soal di sini adalah rumah coklat dan putih;
    Soal pertanyaannya dibedain di warna rumah
    Di website ini: Rumah berwarna putih terletak tepat disebelah kiri rumah berwarna coklat
    Di website kuntoro: Rumah berwarna hijau terletak tepat di sebelah kiri rumah berwarna putih.

    Dan nggak perlu menggunakan rumus pengANGGAPan, karena berdasar logika, semua FAKTA bisa terperinci dan diletakkan di tempatnya yg tepat

Tinggalkan pesan/komentar