Goes 2 Nias

Goes 2 Nias? Siapa? Siapa yang pergi ke Nias? Tapi ngomong-ngomong Nias itu ada dimana? jauh ndak dari Jakarta? Presidennya sudah SBY atau masih Soekarno ? :-) Walah-walah, Nias itu memang daerah yang cukup terpencil, namun demikian pulaunya masih cukup luas, kalau kita mau kelilingi pulau Nias, sehari perjalanan pun ndak akan selesai. Hampir sebesar Bali malah. Pulau Nias terletak di selatan Propinsi Sumatera Utara, dengan kota terbesarnya dinamakan Gunung Sitoli. Untuk mencapai pulau ini ada beberapa pilihan transportasi umum yang biasa digunakan masyarakat.

  1. Jalur darat dan laut. Melalui Kota Medan menuju ke kota Sibolga kurang lebih 10 atau 11 jam perjalanan, ditambah dengan perjalanan kapal laut kayu 9 jam.
  2. Jalur darat dan laut. Melalui Kota Medan menuju ke kota Sibolga kurang lebih 10 atau 11 jam perjalanan, ditambah dengan perjalanan kapal cepat 3 atau 4 jam.
  3. Jalur udara, dengan pesawat kecil (Cessna) dari Medan dapat ditempuh kurang dari satu jam ke Gunung Sitoli.

Namun untuk pilihan 1 dan 2 masih ada unsur ketergantungan alam, yaitu saat masa ombak besar maka perjalanan akan tertunda karena memasuki area Laut Nias ini cukup unpredictable. Emang sih jalur laut cukup murah, kalau pake kapal cepat tarifnya sekitar 120 ribu perak sudah sampai ke Nias, beda dengan tarif pesawat yang hampir 600 ribu perak. Kalau menyebut Nias, yang terlintas di benak masyarakat Sumatra (dan pada umumnya orang Indonesia) adalah seperti ini:Peta Nias

  • Oooo…. Nias. Daerah wisata pulau dengan daya tarik utama lompat batu-nya
  • Nias? Daerah yang barengan dengan Aceh kena Tsunami itu ya?
  • 2 tahun lalu terkena gempa besar yang hampir meluluhlantakan seluruh pulau.
  • Jangan kesana aaaah …. ombaknya besar.

Jadi siapa yang akan pergi ke Nias? Aku? Yup. Aku turut menghantarkan. Yang pergi adalah Speedy. TLKM ADSL based internet access. Per 1 November 2007 ini, Nias sudah mulai dilayani Speedy. TLKM sebagai perusahaan carrier flag telekomunikasi, mulai November ini memasang Speedy disana. Tak hanya disana, tapi juga berbarengan dengan dua daerah terpencil lainnya : Pulau Natuna dan Meulaboh. Sekalian merayakan hari Pahlawan. Ya, dengan cukup banyaknya ekspatriat disana, Speedy emang cukup dibutuhkan. Kalau buat aku, tidak hanya Nias, tapi juga Tebing Tinggi yang pada saat yang sama juga mulai dilayani Speedy. Tebing Tinggi terletak kira-kira 2 jam perjalanan dari Medan menuju ke danau Toba. Jadi selamat menikmati akses internet kecepatan tinggi untuk daerah terpencil ya. Meski dengan keterbatasan infrastruktur disana yaitu jalur penggunaan koneksi masih menggunakan satelit VSAT, tapi kecepatan internet yang telah diinstal masih cukup acceptable. Happy Blogging to Nias & Tebing Tinggi Community ! Vivat TLKM.


1 Respon untuk “Goes 2 Nias”

  1. Ok,selamat berjuang ya bro..;-)
    semoga semuanya sukses dan lancar .

Tinggalkan pesan/komentar