Son Goku & Chinmi

Kungfu BoyBagi pengikut alur setia dua tokoh kartun Jepang tersebut pasti ndak susah nyebutin jurus-jurus andalan masing-masing jagoan tersebut. Si Kungfu Boy Chinmi dengan jurus Kungfu Peremuk Tulangnya atau Son Goku tokoh Dragon Ball dengan jurus andalan pukulan Kamehameha-nya Aku kebetulan menyukai kedua tokoh tersebut dengan beberapa alasan. Bahkan setelah melalui depth visual comparative analysis alias dalam bahasa kerennya nonton berulang-ulang seri tokoh kartun tersebut, aku menemukan beberapa kesamaan yang menjadi basis mengapa aku suka kedua tokoh tersebut. Dan untungnya kesamaan-kesamaan dua tokoh kartun tersebut dalam kehidupan nyata masih bisa dicapai …….

  1. Penampilan fisik tidak sempurna. Tidak seperti Superman atawa Sepiderman yang mempunyai bentuk tubuh super atletis, kedua tokoh ini samasekali tidak punya bentuk fisik yang menjanjikan. Chinmi yang kecil kurus, atawa Son Goku yang berekor. Hal ini sangat manusiawi dan secara normal kita juga punya ekor masing-masing, ada yang dikasih warna kulit item (bahkan suka diisengin dibilang lho kok ada baju yang jalan-jalan sendiri), pendekar (alias pendek dan kekar), ada yang dikasih super ceking, ada yang dikasih super tembem, ada yang dikasih kaki kesebelasan, wis pokoknya masing-masing punya ekornya sendiri. Namun kedua tokoh tersebut tak sekalipun dalam semua episodenya menganggap hal itu sebagai kekurangan, bahkan Son Goku melalui ekornya mempunyai kekuatan yang berlebih.
  2. Ceria ketika kalah. Dengan kekurangan dan kebodohannya, kedua tokoh ini sering kali kalah. Keduanya mempunyai sikap selalu ceria dalam banyak kesempatan, bahkan ketika kalah sekalipun. Dalam hidup ini juara dan pemenang secara alami memang hanya sedikit, kalo ada juara 1,2,3 mungkin masih ada 7 orang lagi yang kalah dan tidak juara, mungkin lebih. Jadi satu waktu kita akan kalah, wajar dan harus dipersiapkan. Aku sendiri memilih, kalo waktunya tiba, akan memilih menghadapinya dengan senyum dan keceriaan kayak Chinmi or Son Goku. ๐Ÿ™‚ Bukan berarti aku menyukai kalah-nya, hanya berharap ketika aku kalah, aku bisa tersenyum karena tahu mengapa aku kalah dan tahu cara memperbaikinya.
  3. Menghargai kebaikan universal. Emang sih, ini standar n jadul banget untuk jagoan, belas kasih sama musuh, melindungi masyarakat lemah, rendah hati dan ndak sombong. Namun yang susah adalah untuk menjadi bersifat konsisten, kadang kita hanya mampu melakukannya kala masuk Ramadhan, Lebaran atau pas Natal saja. Di lain waktu kita jadi monster buat orang lain. Yang digaris bawahi adalah secara konsisten menjaga sikap ini.
  4. Selalu lebih kuat dari sekelilingnya pesaingnya. Kekuatan dan kelebihan mereka selalu bersifat relatif, ketika mereka kalah mereka belajar bagaimana menjadi lebih kuat dari musuhnya, itu saja, tidak perlu menjadi lebih kuat dari semua orang. Ketika Son Goku anak-anak bertarung dengan lawan-lawan anak remaja, dia tidak lebih kuat dari orang dewasa, tapi hanya cukup untuk mengalahkan kawan sebayanya saja. Tapi ketika musuhnya meningkat menjadi lebih kuat mereka belajar untuk selalu juga sedikit lebih kuat dibanding musuhnya, sehingga selalu menang. Aku ingat satu waktu ketika kecil, dari kelas 1 s/d kelas 6 SD aku langganan juara, tapi ketika masuk SMP, rapor semester pertama di SMP aku adalah ranking 121 dari 350 siswa. Shocked !! Tapi kemudian aku belajar, dan di akhir lulus SMP aku dah bisa mendekati si A*** temen sekelas yang jawara I (s/d akhir kelas 3 dia ni selalu jawara I umum), paling tidak hanya beda satu setrip. Dan setelah SMA, meskipun ndak penting, aku bisa sedikit mengunggulinya meski hanya di last lap. Pelajaran dari hal ini adalah kompetisi itu memang jamu pemacu yang mujarab untuk maju.

Nah, kalo sekarang ini aku lagi konsentrasi belajar lesson of life dari Aang sang Avatar. Alias ilmu ngeles biar masih punya alasan buat nonton kartun tiap pagi ๐Ÿ™‚ ________________________________________________ This article re-posted due to particular reason: Today, test result for shortlisted S2 candidate for TLKM employee was announced. And my name was NOT on the list ๐Ÿ™ Poor me. When I joined the preliminary test, I didnโ€™t really interested in the proposed course programs. But, the selection process was more challenging for me. And because the result only informed the name only, without the ranked score, itโ€™s very difficult for me to set my position among other contestant. But, being *NOT* mentioned on the list, itโ€™s better for me to assume that I had unsatisfactory result compared to the other contestant. And, related to this post, itโ€™s best time for me to re-charge my โ€™brainโ€™ battery -improving my capability- so next time I could be more competitive. Become Chinmi …..


9 Respon untuk “Son Goku & Chinmi”

  1. Muhammad Ali Akbar :

    wellcome to the Chinmi World
    _______________________________

    Yess masster
    Soda

  2. Saya lebih tetarik dengan kehidupan Spiderman dan Superman. Salah satu yang menarik dari tokoh Spiderman adalah ;dia mewakili kekuatan yang lemah dan pemalu ( laba-laba merah adalah binatang yang lemah dan pemalu). Tentang Superman; saya suka orang yang bisa terbang ( dia mewakili fantasi saya; bahwa suatu saat manusia bisa terbang hanya dengan sebuah selendang di pungggung,. hebaaatt).

    ___________________________________________________________________________________

    Silahkan tunggu tanggal mainnya bang jonhar,
    manusia terbang memang akan ada di masa depan ๐Ÿ™‚

    Sonny

  3. kurniawan (ucok) TEBING TINGGI :

    saya juga seneng ama kedua tokoh tsb.sekarang saya juga lagi ngikutin ang ama katara sang avatar.tapi filmnya selalu di ulang2.ada juga komik yang pernah saya baca,yang diangkat dari kisah nyata di jepang judulnya “SAMURAI”.
    kayaknya belum lengkap kalau belum baca komik tersebut bagi pecinta tokoh animasi.

    TTD
    Kurniawan(ucok)Tebing

  4. setelah era dragonball dan chinmi, sekarang ini eranya naruto, bleach, samurai X dan onepiece.

    tapi yg paling demen sih ya si ryo saeba. detektip cabul city hunter. ada versi lanjutannya di angel eyes, yg nyeritain kaori.

    http://www.onemanga.com/ = tempat buat baca komik online dan paling kumplit dah .. ๐Ÿ˜‰

  5. :-))
    Tks info-nya ya ..
    Tapi mau menyelesaikan episode si Anak Angin –> Aang dulu ah.

    Sonny

  6. em…….
    gambar nya keren bgt !!!
    I Love It!!!!

  7. saya senang sama tokoh chinmi, lugu, pinter, lucu.
    klw tokoh kartun lain g begitu suka.
    cz d kungfu boy banyak falsafah hidup’a yg bisa jadi inspirasi aq.
    tq ๐Ÿ™‚

  8. Habis baca tuh komik kaya dapat charge semangat.bener.. buat saya tuh komik mendidik banget terutama agar kita tidak gampang menyerah ,dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik sampai batas kemampuan kita biar kita selalu jadi yang terbaik.

  9. The coolest comic that I have ever read, known and collected….

Tinggalkan pesan/komentar